Rabu, 03 November 2021

CARA MEMBUAT ANIMASI KAMERA SKETCHUP 


  Sketchup mempunyai fasilitas untuk membuat animasi. Animasi disini adalah animasi kamera, bukan animasi objek. Hasil dari animasi ini adalah video, menunjukan seolah kita sedang mensooting  objek dari berbagai arah / sudut pandang. Dimulai dari menciptakan berbagai posisi kamera yang di sebut scene, kemudian menghubungkan antar scene tersebut dengan durasi tertentu.

Berikut ini adalah cara saya membuat animasi pada sketchup : 


1.) Posisikan gambar pada sudut pandang yang kita inginkan, misalkan dilihat dari kiri,kanan,depan atau belakang

2.) Membuat scene dengan mengklik tombol scene pada menu window > scene 
 
sumber gambar ( https://forums.sketchup.com/t/scene-tab-not-working/25951 )

3.) Kemudian klik Scene 1 pada layer sebelah kanan 

4.) Buatlah scene yang ingin kalian perlihatkan, untuk scene 1 saya memperlihatkan kavling A-C kiri yang berisikan lemari pada simulator kapal.
sumber gambar ( milik sailendra 30 interior kapal )

5.) jika sudah membuat scene 1,klik tanda + pada atas scene 1 untuk membuat scene 2 

6.) Scene 2 saya memperlihatkan kavling A-C kanan yang berisikan kamar tidur pada simulator kapal yang animasi nya dari lemari lalu menghadap ke belakang melihat kasur.
sumber gambar ( milik sailendra 30 interior kapal )

7.) jika sudah, lakukan kembali seperti nomer 5 untuk membuat scene selanjutnya.

8.) Scene 3 saya memperlihatkan kavling sebelah yang berisikan ruang santai yang animasi nya dari kamar tidur bergeser ke kanan memperlihatkan ruangan santai pada simulator.
sumber gambar ( milik sailendra 30 interior kapal )

9.) Scene 4 saya memperlihatkan kavling C-E kiri yang berisikan kamar tidur,yang animasi nya dari ruangan santai kemudian memutar kebelakang dari kanan menghadap kamar tidur .
sumber gambar ( milik sailendra 30 interior kapal )

10.) klik menu window > model info > animation, Scene transition adalah durasi antara perpindahan scene, misal dari scene1 ke scene2. Scene Delay adah waktu yang di butuhkan ketika berhenti tiap-tiap scene-nya

sumber gambar ( https://www.kompuna.com/2016/09/cara-membuat-animasi-pada-sketchup.html )

11.) untuk saya sendiri Scene Transition saya berdurasi 8 detik,dan Scene Delay berdurasi 2 detik 

12.) Scene 5 saya memperlihatkan bagian atap simulator kapal yang animasi nya dari kavling C-E kiri lalu keluar ke atas memperlihatkan bagian atap simulator.
sumber gambar ( milik sailendra 30 interior kapal )

13.) Scene 6 saya memperlihatkan dinding simulator kapal yang animasi nya dari atap simulator begerak kebawah mempelihatkan dinding simulator kapal.
sumber gambar ( milik sailendra 30 interior kapal )



Hanya ini saja yang bisa saya jelaskan melalui website saya sendiri, apabila ada kesalahan maupun kekurangan bisa diberikan kritik atau saran melalui kolom komentar. Sekian dari saya Sailendra Dwi A ( Interior Kapal angkatan 30 ) mengucapkan terima kasih.








11 komentar:

 Proses pemasangan Rangka Plafon pada Simulator Kapal        Pada kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan bagaimana Proses pemasangan r...